Action Cam 2015 ( go pro, B-pro, Sjcam, Yi cam)

Action Cam 2015 ( go pro, B-pro, Sjcam, Yi cam)
        Saat ini action cam sudah mulai banyak bermunculan karena banyaknya permintaan di pasar. saat ini action cam sudah menjadi kebutuhan anak muda untuk berselfie karena kamera action cam ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa di bawa keadalam medan yang sulit seperti di bawa ke dalam air.

        Pada saat ini Action cam yang paling terkenal adalah Go Pro di mana cam ini sudah dijadikan sebagain action cam untuk kebutuhan profesional, namun pada tahun lalu muncul action cam baru dari negeri tiongkok yang berani mengadukannya dengan go pro hero yaitu SJcam dan Brica Bpro5. Dimana SJcam ini sudah menjadi fenomenal pada tahun lalu.
         Akhir tahun lalu go pro hero melaunching hero 4 dimana bisa merekam sampai 4k dan mengeluarkan go pro hero new entry level dimana hero entry level ini adalah go pro murah dimana go pro ini memiliki kemampuan yang istimewa tapi memiliki kelemahan tidak memiliki wifi dan tidak bisa cabut batre serta hanya bisa foto 5mp
          Tahun ini tidak hanya go pro tapi pesaingnya yang lain pun juga ikut mengeluarkan model barunya yaitu SJ5000 wifi dan Sj5000+ dari SJcam dan Bpro 5 alpha edition dari Brica serta xiaomi juga ikut mengeluarkan seri action camnya yaitu Yi cam. kalo untuk spesifikasinya mungkin kalian bisa lihat di web nya masing-masing.
           Saat ini banyak masyarakat pecinta action cam bingung memilih alternative camera action cam selain Go pro. sudah jelas ya go pro tidak mungkin terkalahkan akan dari hasil rekamnya yang bisa sampai 4k dan juga memiliki superview wide angle, “Harga ga mungkin bisa bohong” hehehe… klo memang ada rejeki ambil go pro sekalian ajah kalo untuk keperluan profesional dan memang cinta pada fotografi.
           Tapi klo hanya untuk dokumentasi dan main-main saja yakin mau ambil camera yang bisa seharga di atas 5 juta itu??  apakah akan berguna seperti yang seharusnya action cam di gunakan? kalo hanya untuk selfie dan foto2 biasa tidak extreme banyak camera DSLR yang jauh lebih bagus dari itu dan harga bisa lebih murah atau sama dengan camera action cam itu dan juga ada case underwaternya juga. tapi balik lagi ke orangnya apabila mereka ttep menginginkan action cam untuk main-main dan berselfie ria… boleh2 saja… hhe
           pada penulisan ini saya ingin mencoba membantu kalian untuk milih action camnya. saya coba mengumpulkan informasi dari google, kaskus, facebook dan web-web lainnya seperti histogramid.com, grup yi cam, sjcam, brica di kaskus, grup brica b-pro 5 di facebook dan goproid di facebook.
biasa orang indonesia lebih melihat kekurangan dari pada kelebihannya jadi saya langsung saja menginformasikan masalah pada action cam saat ini:
SJcam :
– biasa masalah pada SJcam ini adalah update firmware yang apabila gagal bisa membuat cameranya brick
– garansi ? pada sj cam ini tidak ada kantor resminya di indonesia sehingga akan di service dari tokonya langsung
– mountingnya ? banyak di pasaran
– 60fpsnya belum real untuk sj4000
– wifinya masih belum stabil patah-patah
specifikasi:
Sj4000 :
– 12mp
– 1080p 30fps
Sj5000:
-14mp
-1080p 30fps
 SJ5000+
-16MP
-1080p 60fps,30fps
Brica B-pro :
– masalahnya biasanya adalah WPcase(waterproof case) sering bocor… namun katanya untuk produk bulan mei selanjutnya WP case sudah di perkuat lagi.
– garansi? resmi dari brica .. maka apabila ada apa-apa bisa langsung ke brica indonesia
– mountingnya? banyak di pasaran bisa menggunakan go pro punya
Bpro 5 alpha edition:
-12 MP
-1080p 30fps
-720p 60fps,30fps
Yi cam :
– masalahnya adalah wp case nya tidak include, bisa beli di toko2 online (sudah banyak yang jual)
– bebearap lensanya kadang ada yang tidak fokus perlu di buka lensanya dan di putar sehingga fokus.
– mountingnya? jarang sepertinya untuk cam ini mungkin nanti akan banyak apabila sudah waktunya
– garansi? sama dengan SJcam tidak ada mi resmi di indonesia
– tidak ada LCD nya sehingga harus lihad dari priview di HP
yi cam :
-16MP
-1080p 60fps, 30fps
go Pro:
siapa bilang merek yang sudah ternama ini tidak ada masalahnya, kemarin saya sempat baca banyak yang ngebrick pada saat update firmware baru dan pada hero 4 Se ada yang suka ngefreeze. memang hanya sedikit saja yang bermasalah karena merek ini sudah besar pasti QC nya bagus.
Hero4:
– 4k
– 12mp
                 Di bawah ada beberapa riview yang orang-orang buat pada blog , web dan di share di sosmed dan saya jadikan satu di blog ini agar bisa di compare oleh orang-orang yang membaca tulisan saya ini.
Hero 4 VS SJCam VS B-pro5
Hero 4 VS SJcam
B-pro5 VS hero 3+
Hero4 Vs b-pro lowlight
 hasil Yi camera
hero4 vs b-pro5 (youtube version)
yi vs hero vs sj5000

Bagaimana menurut kalian hasilnya? mungkin dengan adanya ini bukan berarti kalian lihat camera a jelek b lebih bagus.. sebenarnya semua kamera bagus hanya saja berbeda di penangkapan warnanya dan cahayanya saja. kalo untuk masalah pecah yah jelas ya pixel semakin besar maka semakin rapat sehingga gambarnya tidak pecah saat di zoom. kalo di tanya bagusan mana? semua bagus tergantung selera dari mata anda dan bagaimana cara kalian mengolah gambar ini nantinya hehehe… semua pasti bagus ketika sudah di retouch..

semoga dapat membantu kalian yang lagi galau pake bangettt tentang action camera
note : untuk video bisa kalian lihat di youtube saja sebagai perbandingannya karena sudah banyak.
sumber :
histogramid.com
kaskus grup YI cam indonesia, sjcam Indonesia, Brica b-pro5 ,goproid
Facebook Group Brica B-pro5 Ae, goproid

Leave a comment